Kamis, 10 Oktober 2013

Tugas 1 Sistem Informasi Psikologi

A. Pengertian Informasi

 Informasi atau dalam bahasa inggrisnya ialah Information ini berasal dari kata informacion bahasa perancis, kata tersebut diambil dari bahasa latin yaitu "Informationem" yang artinya itu ialah "konsep, ide, garis besar". Informasi adalah sesuatu data yang sudah diolah atau diproses sehingga menjadi suatu bentuk yang memiliki arti bagi penerima informasi yang memiliki nilai yang bermanfaat.

 Berikut ini pengertian informasi yang di kemukakan oleh para ahli :

 1.Raymond Mc.leod Ia mengungkapkan bahwa informasi adalah "data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang".
 2.Tata Sutabri, S.Kom Ia menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
 3. Anton M. Meliono Menurut Anton “Informasi adalah data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan”
 4. Gordon B. Davis Gordon menyatakkan “Informasi adalah data yang telah diproses menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”
 5. Lani Sidharta Ia menyatakan “Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang bisa berguna untuk membuat keputusan”
 6. Jogiyanto HM. Menurutnya Informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang            nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
 7. George H. Bodnar Menurut George Informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.

Dari pernyataan para ahli mengenai pengertian atau definisi informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa Informasi adalah Suatu data atau objek yang diproses terlebih dahulu sedemikian rupa sehingga dapat tersusun dan terklasifikasi dengan baik, sehingga memiliki arti bagi penerimanya yang selanjutnya menjadi pengetahuan bagi penerima tentang suatu hal tertentu yang membantu pengambilan keputusan secara tepat.

Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem ? Dengan kumpulan data yang sudah melalui proses pengolahan sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi seseorang yang kemudian digunakan untuk pengambilan suatu keputusan atau tindakan. Lalu pengertian data adalah sekumpulan fakta yang diambil dari beberapa kejadian yang memiliki arti penting yang dapat berbentuk sebuah file yang dapat disimpan. Meskipun data itu bersifat penting, namun data masih belum bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk dijadikan sebuah keputusan. Supaya menjadi sebuah informasi yang bermanfaat data-data yang ada kemudian dikumpulkan lalu diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu informasi. Maka dari itu informasi dan data adalah istilah yang tidak dapat dipisahkan, karena informasi dan data adalah satu kesatuan.

 B. Pengertian Sistem Informasi Psikologi

Sistem
Kata sistem berawal dari Bahasa Yunani (sustēma) dan Bahasa Latin (systēma). Istilah sistem digunakan dalam banyak konteks, salah satunya ilmu pengetahuan alam yang berbicara tentang sistem tata surya, sistem molekul dan mengidentifikasi sistem sirkulasi dan sistem saraf pusat (Arry,2012).
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka (Wikipedia,2012).

Informasi
Informasi berasal dari kata Pernacis kuno, informacion yang diambil dari bahasa latin informationem yang berarti "garis besar, konsep, ide". Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam pengetahuan dan komunikasi (Blogger Area,2012).
Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber (Eka Risyana,2012).

Sistem Informasi
Definisi sistem informasi menurut Azhar Susanto (2004:55) dalam buku yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer menjelaskan bahwa: "Sistem Informasi adalah kumpulan dari sub-sub sistem baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerjasama secara harmonis untuk satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna (Gita D,2012).

Psikologi
Menurut asal katanya, psikologi berasal dari kata-kata Yunani (pschye) yang berarti jiwa dan (logos) berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. Perkembangan definisi-definisi itu masih berlanjut hingga sekarang.
Diantara para Sarjana Psikologi Modern yang mengemukakan definisi psikologi, dapat dikemukakan beberapa diantaranya, misalnya :
1. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya (Gardner Murphy dalam Sarwono,2010).
 2. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tungkah laku manusia dan hewan (Clifford T. Morgan dalam Sarwono, 2010).
 3. Menurut Morgan, King dan Robinson, psikologi adalah ilmu tingkah laku manusia dan penerapannya pada masalah manusia (Pieter dan Lubis,2010).

Sistem informasi Psikologi
Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan (Ririn,2011).
Sistem Informasi Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia dalam kaitannya dengan informasi yang di diperoleh melalui proses dan di kelola sehingga menghasilkan data yang valid serta memberikan manfaat. Fungsi dari sistem informasi sendiri adalah membantu kita untuk melakukan aktifitas, seperti perencanaan (Yurika, 2012).
Setelah memahami kedua penjelesan diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan sebuah sistem yang berintegrasi dengan perilaku manusia dan menyediakan informasi untuk membantu dalam menyelesaikan masalah atau mengambil keputusan.

Contoh Kasus

 Konsultasi seperti dalam psikologi sekarang ini banyak melalui hanya dengan telekomunikasi saja. Klien dapat berkonsultasi dengan kecanggihan teknologi saat ini. Klien dapat menceritakan semua keluh kesah atau masalah yang sedang dialaminya melalui berbagai macam cara sesuai dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki. Dengan kecanggihan teknologi tersebut kita mendapatkan sebuah informasi yang kita inginkan.

 Analisa

Pengertian Informasi adalah sebuah informasi dimana penyampaiannya menggunakan sebuah kecanggihan teknologi. Seperti Informasi melalui sebuah pesawat televisi, HP, dan masih banyak lagi. Dimana Informasi melalui teknologi ini adalah sebuah informasi yang sangat bisa berjalan sangat cepat untuk mencapai sebuah tujuan. karena dengan kecanggihan teknologi saat ini sebuah informasi bisa sampai hanya dengan hitungan detik saja. Dan bisa langsung disebar ke belahan dunia manapun. Seperti Informasi yang saat ini anda baca ini juga termasuk informasi yang menggunakan kecanggihan teknologi. Kita hanya cukup berdiam di depan layar monitor dan membacanya kita langsung mendapat sebuah informasi.

Sumber :
http://alamtekno.blogspot.com/2013/05/pengertian-definsi-informasi.html http://www.rumahbaca.com/1908/pengertian-informasi
http://fherlianis.blogspot.com/2012/09/sistem-informasi-psikologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar